10 Gejala Leukemia Pada Orang Dewasa Yang Berbahaya

gejala kanker darah pada orang dewasa

Kanker darah, atau leukemia merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang segela jenis umur, namun umumnya penyakit ini diderita oleh anak-anak sampai balita.  Tidak sedikit anak anak yang terserang leukemia berujung kematian jika tidak ditangani dengan serius. Penyakit leukemia juga ditemukan pada orang. Meski lebih jarang, namun kabarnya penyakit kanker darah pada orang  dewasa lebih mematikan. Hal ini dibuktikan dari hasil riset American Society of Clinical Oncology di Chicago yang menyebutkan kesempatan bertahan hidup bagi penderita kanker darah  pada orang dewasa adalah 80% saja, lebih rendah dari anak anak  sebesar 90%. Untuk itu,  kita sebagai orang dewasa wajib mengenal jenis dan gejala leukemia pada orang dewasa yang sering luput karena pekerjaaan agar bisa dilakukan pencegahan lebih dini.

Mengenal Penyakit Leukemia Pada Orang Dewasa

Apakah ada perbedaan antara kanker darah dewasa dengan anak anak? Tentu beda, ada jenis dan gejala yang bisa kita bedakan. Jenis kanker darah yang didertia pada orang dewasa, yaitu Acute myeloid leukemia (AML). AML adalah jenis kanker darah yang membuat sumsum tulang belakang sebagai tempat pembuat sel darah menghasilkan sel-sel darah yang tidak normal, baik sel darah putih maupun sel darah merah. Jenis kanker AML termasuk kategori leukemia akut. Hal bisa kita jelaskan dari namanya, Acute myeloid leukemia. Dalam arti lain penyakit leukemia ini bisa memburuk sangat cepat jika tidak dilakukan terapi, dan dapat mematikan hanya dalam hitungan bulan, bahkan minggu.

Tipe leukemia AML ini jarang sekali ditemui pada usia di bawah 40 tahun. Justru banyak diderita pada orang yang masih produktif, antara 22 – 40 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia produktif  dekat dengan penyebab leukemia pada orang dewasa atau AML seperti kelainan darah, paparan lingkungan, atau pengaruh obat-obatan tertentu. Gejala Kanker pada orang dewasa kadang sering diacuhkan, karena biasanya sering disamakan dengan kelelahan, keletihan atau demam biasa. Padahal kalau terus terusan begitu bisa saja itu salaha satu gejala awal dari kanker darah. Jadi mulai sekarang, kalau terjadi demikian lebih baik diperiksakan ke dokter atau minimal melakukan pencegahan kanker darah secara alami yang aman.

Gejala Leukemia Pada Orang Dewasa

 

gejala leukemia pada orang dewasa
gejala leukemia pada orang dewasa

Sebenarnya gejala kanker pada orang dewasa seperti apa sih? Secara umum gejala yang muncul sama seperti leukemia tipe lainnya. Gejala kanker AML cukup banyak, di antaranya nyeri atau lemah tulang, kelelahan, letih, demam, sering perdarahan dari hidung atau gusi dan terjadi penurunan berat badan. Secara jelas bisa kalian baca penjelasan mengenai gejala gejala kanker darah orang dewasa.

 

Ketika terluka dan luka tersebut mengeluarkan darah dalam jumlah banyak

Gejala leukemia pada orang dewasa maupun anak anak yang perlu diperhatikan jelas adalah bahwaketika penderita mengalami luka makaorang tersebut mengeluarkan darah yang cukup banyak, sebab darahnya sukar menggumpal. Berbeda dengan orang yang sehat pada saat terluka, aliran darah yang keluar akan segera menggumpal dan berhenti. Selain itu warna darah yang keluar berwarna merah muda atau lebih cerah.

Sering mimisan

Pernah tidak mimisan? Perlu diketahui ya teman, bahwa mimisan bisa jadi salah satu gejala kanker darah pada orang dewasa maupun anak anak yang sering banget kita jumpai. Banyak faktor penyebab sampai terjadi mimisan. Namun ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui soal perbedaan mimisan penderita leukemia dan orang sehat. Mimisan pada penderit kanker darah sering terjadi dan sulit dihentikan dalam waktu singkat dan disertai rasa pusing yang parah. Berbeda dengan pada orang sehat yang terjadi karena suhu tubuh yang panas atau tinggi, kurang minum dan kelelahan. Mimisan pun tidak berlangsung lama serta mudah dihentikan.

Nyeri pada persendian atau tulang belakang

Pengidap kanker darah cenderung sering merasakan nyeri pada persendiannya terutama pada tulang bagian belakang. Ini adalah gejala leukemia yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk dimulai pengobatan sebelum menyebar ke bagian organ tubuh lainnya. Rasa nteri yang terjadi karena sel-sel kanker sudah menyebar ke daerah tulang sekitarnya. Setelah timbul rasa nyeri biasa diikuti dengan demam tinggi.

Nyeri pada perut

Selain nyeri persendian, penderita penyakit leukemia akan merasakan nyeri pada perutnya. Bukan seperti penyakit maagh atau sedang lapar. Rasa nyeri lebih mengacu pada sel-sel kanker darah putih terlalu banyak dan menumpuk di daerah ginjal, hati, dan empedu. Tertumpuknya sel darah putih akan mengakitbatkan pembengkakan pada organ-organ tubuh tersebut. Yang kelamaan bisa menyebabkan turunnya nafsu makan.

Berat badan menjadi turun drastis

Salah satu fungsi sel darah mengedarkan sari makanan. Ketika darah ada kelainan kemungkinan mempengaruhi fungsi tubuh lainnya. Orang yang terkena penyakit leukemia dapat menyebabkan turunnya nafsu makan. Selain itu makanan yang masuk dan berhasidicerna sulit diedarkan oleh darah karena darah sendiri mengalami kelainan. Turunnya berat badan secara drastis umumnya terjadi pada perempuan. Jadi perlu diperhatikan gejala ini ya.

Rentan tertular penyakit

Salah satu antibodi terkandung daalam darah, yakni sel darah putih. Jika darah putih saja mengalami kelainan, kemungkinan besar antibodi sangat pada tubuh lemah. Oleh karena itu penderita leukemia sangat lemah dan rentan tertular penyakit dari virus. Sering kali penderita kanker darah pusing pusing, batuk, pilek, mriang dll.

Baca : Pencegahan Leukemia Secara alami

Kehilangan keseimbangan

Darah adalah keseimbangan tubuh, kurang darah, darah tidak seimbang, maka akan gampang kehilangan keseimbangakn. Begitulah penderita kanker darah. Hal ini terjadi karena jumlah sel darah putih dan merah tidak normal sehingga menyebabkan keseimbangan dalam tubuh. Karena keseimbangan tubuh terganggu maka sering kali kita terjatuh, tidak fokus dan cenderung jadi ceroboh.

Mudah merasa lelah

Bagi penderita leukemia yang sangat menggangu adalah penderita mudah merasa lelah. Sedikit, sedikit lelah. Jika mungkin lelah setelah melakukan aktivitas berat mungkin itu adalah hal wajar, namun jika melakukan aktivitas yang ringan sajamudah lelah, patut diwaspadai gejala leukemia. Mudah Kelelahan yang terjadi dikarenakan meningkatnya produksi sel darah putih yang menyebabkan penggunaan energi dalam tubuh cepat habis.

Sering berkeringat di malam hari

Pernahkan sering mengalami keringatan pada malam hari? Jika orang sehat mungkin seringjuga tergantung suhu dan keadaan sekitar. Namun jika berkeringat berlebihan dan sulit berhenti, kalian perlu mewaspadai kemungkinan gejala leukemia pada orang dewasa.

Pernapasan yang tidak normal

Karena mudah lelah, tentu penyebab turunannya jga ada, yakni pernafasan tidak lancar atau terjadi sesak napas. Sesak napas berlangsung cukup lama. Selain itu, hal ini sulit untuk disembuhkan, sebab sel-sel kanker kemungkinan yang sudah menyebar ke organ tubuh lain. Kalau sudah tingkat ini sudah sebaiknya dilakukan pengobatan kanker baik secara medis maupun dengan obat herbal leukemia yang ampuh.

Segera Lakukan Pencegahan dan Pengobatan Kanker Darah Lebih awal

Ketika sudah mengetahui jenis dan gejala gejala leukemia pada orang dewasa yang berbahaya sebaiknya lakukan pencegahan dan pengobatan. Pengobatan bisa dilakukan dengan cara medis dan alami menggunaan obat herbal kanker darah. Cara mengobati leukemia secara medis bisa dilakukan dirumah sakit dan ditangani dokter spesialis kanker. Kalau cara mengobat leukemia secara alami, salah satunya bisa menggunakan obat herbal. Baca : Cara mengobati kanker darah secara alami dari daun sirsak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *